Entri yang Diunggulkan

TUGAS KEAMANAN JARINGAN

Assalamualikum , watsap kali ini ulun mengerjakan tugas yang diberi pak cahyo tanggal 9 september 2017 jam 12an lah nahhh, ya langsung saja...

Senin, 14 Agustus 2017

Assalamualaikum.
Oke, kali ini saya di beri tugas oleh guru saya di mata pelajaran troubleshooting jaringan, dan dibawah ini adalah soalnya :
1.     Bagan Kabel UTP
2.     Susunan Standar Pengkabelan EIA 586 berdasarkan warna kabel untuk straight dan crossover
3.     Device Yang Akan Dihubungkan dan Kabel Yang Dibutuhkan
4.     Urutan Cara Pemasangan Kabel UTP ke RJ 45
Bagan Kabel

Kabel yang menggunakan Jacket


1.     Outer Jacket            : Sebagai pelindung kabel twisted pair
2.     Serat kabel              : Sebagai pengelupas outer jacket
3.     Twisted pair            : Sebagai code kabel
4.     Kuningan tembaga  : Sebagai inti dari kabel ini
Susunan Kabel EIA 586
EIA/TIA
EIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Electronic Industries Alliance dan TIA merupakan sinonim atau kepanjangan dari Telecommunication Industry Association.
Maksud dari arti EIA/TIA adalah merupakan standarisasi internasional stuktur kabel untuk telekomunikasi. Kabel yang paling sering kita temui adalah jenis UTP, SFTP.
Banyak yang menganggap EIA/TIA hanyalah standart untuk kabel jenis ethernet padahal EIA/TIA lebih global untuk telekomunikasi termasuk transfer voice suara (PABX).

Kabel Twisted Pair
Kabel twisted-pair adalah jenis kabel yang digunakan untuk komunikasi telepon dan sebagian besar jaringan Ethernet modern. Sepasang kabel membentuk sebuah jalur yang dapat mengirimkan data. Pasangan kebel tersebut dibuat saling melilit untuk memberikan perlindungan terhadap "crosstalk", atau gangguan yang dihasilkan oleh pasangan kabel yang berdekatan. Ketika arus listrik mengalir melalui kawat kabel, akan menciptakan medan magnet kecil melingkar di sekitar kawat. Ketika dua kabel dalam sebuah sirkuit listrik ditempatkan berdekatan, dan medan magnet mereka adalah kebalikan dari satu sama lain, dengan demikian dua medan magnet akan saling menghilangkan satu sama lain. Pasangan kabel tersebut juga akan menghilangkan setiap medan magnet yang berasal dari luar kabel. Dengan memutar kabel maka akan dapat meningkatkan efek saling menghilangkan medan magnet dan secara efektif dapat memberikan perlindungan pada kabel jaringan. Ada 2 jenis umum pada kabel jenis twisted-pair, unshielded twisted pair (UTP) dan shielded twisted pair (STP) 

UTP
Kabel UTP adalah media transmisi yang terdiri dari 4 pasang kawat. Kabel UTP digunakan dalam berbagai jaringan. Masing-masing dari delapan kabel tembaga individu dalam kabel UTP ditutupi oleh bahan isolasi. Selain itu, kabel di setiap pasangan yang melilit satu sama lain. 
Kabel UTP sering dikombinasikan dengan menggunakan Registered Jack 45 (RJ-45) konektor. RJ-45 adalah konektor delapan kabel yang digunakan biasanya untuk menghubungkan komputer ke sebuah local-area network (LAN), khususnya Ethernet. 

Kabel UTP memiliki empat pasang dengan ukuran kawat tembaga 22 atau 24 gauge (gauge merupakan standart pengurkuran kabel). Salah satu faktor yang membedakan kabel UTP dengan kabel lain salah satunya kabel UTP memiliki impedansi 100 ohm. meskipun dahulu kabel UTP dikatakan memiliki kecepatan transfer yang lambat, namun dalam perkembangannya sekarang mampu melewatkan trafik hingga 1 Gbps. Maksimal panjang kabel UTP adalah 100 meter.

Standart Pengkabelan
1.     EIA/TIA-568A & EIA/TIA-568B merupakan standar internasional pengkabelan dengan jack RJ-45 dan kabel UTP/STP kategori 3, 5, dan 6 (4 twisted pair) yang digunakan dalam teknologi ethernet dan PABX. Dua standar (A & B) digunakan untuk crossover cable. Ujung satu dengan standar A, dan ujung lainnya dengan standar B.
2.     Urutan dengan standar EIA/TIA-568A (putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat, coklat) dan EIA/TIA-568B (putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat) biasa digunakan untuk interkoneksi antar hardware maupun antar jaringan. Penggunaan susunan yang lain diperbolehkan, namun harus memenuhi kriteria pada no. 3 dan seterusnya
3.     Pin 1& 2, dalam ethernet digunakan sebagai Tx. Untuk menghindari interferensi, maka harus dijadikan 1 pair (biasanya putih orange – orange atau putih hijau – hijau) untuk memenuhi kebutuhan elektris dalam protokol high-speed-LAN.
4.     Pin 3 & 6, dalam ethernet digunakan sebagai Rx. Untuk menghindari interferensi, maka harus dijadikan 1 pair (biasanya putih orange – orange atau putih hijau – hijau) untuk memenuhi kebutuhan elektris dalam protokol high-speed-LAN.
5.     Pin 4 & 5 (dalam wikipedia disebut sebagai “the central two pins”) digunakan untuk membawa sinyal telepon (internet bukan hanya ethernet) atau sinyal suara dalam standar telekomunikasi. Bahkan RJ-11 bisa dimasukkan ke port RJ-45. Untuk keperluan ini, sudah seharusnya jadi 1 pair di tengah (biasanya biru – biru putih)
6.     Pin 7 & 8, biasanya digunakan untuk teknologi Power over Ethernet (PoE), yaitu untuk meningkatkan power pada perangkat VOIP, wireless LAN access point, webcam, ethernet hub, komputer, dan perangkat lain yang tidak memungkinkan untuk memberikan suplai power secara terpisah. Dalam hal ini tentunya pin 7& 8 harus merupakan 1 pair (biasanya putih coklat – coklat).
Note : Sebenar nya bisa saja kita tidak harus mengurutkan setiap susunan kabel nya, tapi kita tetap menyusun kabel untuk keperluan saja.
Susunan Kabel UTP EIA 586 A&B

Kabel UTP EIA 586 A (Crossover)
1.     Putih Hijau
2.     Hijau
3.     Putih Orange
4.     Biru
5.     Putih Biru
6.     Orange
7.     Putih coklat
8.     Coklat
Kabel UTP EIA 586 B (Straight)
1.     Putih Orange
2.     Orange
3.     Putih Hijau
4.     Biru
5.     Putih Biru
6.     Hijau
7.     Putih Coklat
8.     Coklat
Susunan kabel diatas memang sama sama menghubungkan ke device, namun beda susunan kabel beda juga device yang bisa terkoneksi, berikut tabel device yang bisa dihubungkan sesuai keperluan :

Urutan cara pemasangan kabel utp
Bahan dan Alat  :

Kabel UTP
RJ45
Crimmping Tool




Tidak ada komentar:

Posting Komentar